Ade Kuswara Kunang : LH Harus Fokus Tangani Sampah di Aliran Sungai

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Ade Kuswara Kunang

KABUPATEN BEKASI – Pencemaran limbah sampah ke sungai menjadi persoalan besar di Kabupaten Bekasi. Apalagi, persoalan sampah di aliran sungai itu sempat menjadi sorotan nasional.

Menyikapi kondisi tersebut, tentunya semua pihak terutama pemerintah daerah bisa memberikan perhatian yang lebih. Jika tidak, keberadaan sungai sampah di Kabupaten Bekasi akan sulit untuk dibersihkan.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Ade Kuswara Kunang meminta agar pemerintah daerah, khususnya dinas Lingkungan Hidup fokus agar persoalan sungai sampah tidak terjadi lagi di Kabupaten Bekasi.

“Saya meminta agar LH bisa menangai polusi pencemaran limbah sampah ke aliran sungai. Persoalan ini sudah menjadi kornis dan perlu ada perhatian khusus terhadap sungai-sungai yang ada di Kabupaten Bekasi,” jelas Ade Kuswara kepada awak media.

Politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan, banyak factor yang menyebabkan banyaknya timbunan sampah ke sungai. Di antaranya faktor minimnya kesadaran warga sekitar agar tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu, tumpukan sampah juga datang dari wilayah sekitar Kabupaten Bekasi.

“Jadi penangannya tidak bisa ala kadarnya, harus ada perhatian khusus,” tambahnya.

Ade juga menyinggung soal dampak yang nantinya ditimbulkan dari persoalan sampah di sungai. Terutama akan bersentuhan langsung dengan kesehatan masyarakat.

Selain itu, ketersediaan air sungai terutama memenuhi kebutuhan rumah tangga dan perairan untuk pertanian akan terganggu. “Wilayah kita setiap musim kemarau selalu saja ada kekeringan. Nah pembenahan aliran sungai ini bisa menjadi salah satu solusi meminimalisir kekeringan di musim kemarau itu,” tandasnya. (***)