Baznas Antisipasi Musim Penghujan

Kantor Baznas Kabupaten Bekasi


KABUPATEN BEKASI – Baznas Kabupaten Bekasi meningkatkan target pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebanyak 150 unit di tahun 2020. Target tersebut meningkat dibanding tahun 2019 sebanyak 120 unit.
Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, H. Abdul Azis mengatakan, pembangunan Rutilahu bisa melampau target yang telah ditetapkan. Tahun ini saja, Baznas banyak menerima proposal warga yang masuk untuk perbaikan Rutilahu. Namun belum bisa semuanya tercover.
“Tetapi ya Baznas mencoba melakukan yang terbaik untuk memberikan bantuan ke warga,” jelas Ketua Baznas, H. Abdul Azis kepada awak media, beberapa waktu lalu.
Azis mengatakan, jumlah proposal yang masuk diprediksinya bakal meningkat pada bulan Desember-Januari 2020. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor musim penghujan di bulan tersebut.
“Dibulan Desember dan Januari itu masuk musim hujan banyak angin puting beliung, banyak (red. Rumah) yang pada ambruk, makanya kita siap sedia bantu masyarakat,” jelasnya.
Setiap tahun, Baznas selalu meningkatkan target pembangunan Rutilahu. Namun, target tersebut diiringin dengan jumlah pendapatan yang diterima Baznas. Tahun 2020, anggaran ditargetkan sebesar Rp 15 Miliar.
“Tahun 2018 itu kan anggaran sebesar Rp 12 M, mudah-mudahan di 2019 bisa mencapai RP 13 M, kan tahun ini belum selesai,” ujarnya.
Dengan banyaknya proposal warga untuk pembangunan Rutlihau membuktikan tingkat kepercayaan masyarakat ke lembaga pengelola zakat itu semakin tinggi. Apalagi, Baznas Kabupaten Bekasi juga melengkapi pembangunan Rutilahunya dengan penyediaan WC sehat. (*)