Buruh Ontrog DPRD, Minta UMSK Tak Dihapus

KABUPATEN BEKASI – Konsultan Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) menggeruduk kantor DPRD Kabupaten Bekasi, jumat (14/11). Mereka meminta agar DPRD memberikan rekomendasi kepada Bupati Eka Supriaatmaja agar Upah Minimum Sektoral (UMSK) tetap diadakan.

Federasi Serikat buruh itu menuding jika Dewan Pengupahan dari unsur pengusaha, Apindo akan memaksakan dihilangkannya UMSK Kabupaten Bekasi. “Atas dasar itulah, kami meminta kepada DPRD Kab. Bekasi ada keberanian untuk membuat Rekomendasi ke Bupati agar UMSK tetap ada di Kab. Bekasi,“ tegas Ketua KC FSPMI Kabupaten dan Kota Bekasi, Sukamto.

Mereka juga mengungkapkan kekecewannya terhadap dewan pengupahan Kabupaten Bekasi yang telah menyepakati  kenaikan UMK tanpa melibatkan dewan pengupahan dari perwakilan FSPMI.

“Padahal kami sudah membuat surat agar perundingan dewan pengupahan diundur, jangan di tgl 11 kemarin, karena kami ada agenda Pengawalan UMK di Kota Bekasi,” lanjutnya..

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Arya Dwi Nugraha mengatakan DPRD hari ini  sudah seharusnya berpihak kepada buruh. Bekasi yang merupakan kawasan industry menyumbang paling pajak dibanding daerah lain.

“Otomatis memberikan sumbangsih pajak yang sangat luar biasa untuk negri ini dan hari ini juga saya pastikan surat rekomendasi dari DPRD Kab. Bekasi untuk Bupati akan kami buatkan agar UMSK Kab. Bekasi tetap ada dalam kenaikan Upah 2020,” tegasnya.

Audiensi tersebut dihadiri dari perwakilan buruh seperti Ketua PC Elektronik Elektrik, H. Bais, Eni dari AMK dan anggota Kav lainnya Dwi, Parman dan M. Nurfahroji.

Sementara dari anggota DPRD yang hadir di antaranya Ketua Komisi IV Samuel Maruli. H dari Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Asep Surya Atmaja dari Fraksi Golkar, Nyumarno dari Fraksi PDI Perjuangan, Mia El-Dabo dari Fraksi Demokrat, Ahmad Zamroni dari Fraksi Gerindra, Fatmah Hanum dari Fraksi PKS, Rusdi Haryadi dari Fraksi Partai PKS, Repsih Munggawati dari Fraksi Gerindra, Sunandar dari Fraksi Golkar, dan Zamil dari Fraksi PAN-PBB. (adv/***)