Lahan Pertanian Menyusut, Perda Lahan Abadi Segera Realisasikan!

KABUPATEN BEKASI – Sejumlah mahasiswa yang tergabung di GMNI Bekasi melakukan aksi unjuk rasa di area Pemda Kabupaten Bekasi. Mereka menuntut agar pemerintah daerah meralisasikan Perda Lahan Abadi.

Koordinator aksi, Aang Jamasari mengatakan jika saat ini lahan pertanian semakin menyusut keberadaanya di Kabupaten Bekasi. Saat ini jumlah lahan pertanian hanya menyisakan 28 ribu hektar atau menyusut sekitar 7 ribu hektar lebih.

“Kalau Perda tersebut tidak segera direalisasikan, kami khawatir kedepan lahan pertanian akan habis,” kata Aang kepada awak media.

Sementara itu, dalam Perda RTRW tahun 2011, luas lahan pertanian basa yang diarahkan dan ditetapkan sebagai lahan pertanian pangan berkelanjutan sebagaimana tercantum di pasal 29 ayat 3 memiliki luas sekitar 35,244 hektar.

Menyusutnya luas lahan pertanian karena begitu maraknya pembangunan industry dan perumahan. Padahal, Kabupaten Bekasi dulunya merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki sumbangsih sebagai lumbung pangan nasional.

“Jadi lahan abadi harus segera dilaksanakan, jangan sampai lahan abdi menyusut. Seringi pembanguna industry, lahan abadi juga harus dipertahankan dan jangan sampai keberadaanya hilang, mau makan apa kita nanti,” tandasnya. (DMA)