Pemberlakukan Sertifikasi Halal, Iwapi : Jangan Persulit Izinnya

Ketua Iwapi Kabupaten Bekasi, Widi Karyaningsih

KABUPATEN BEKASI – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) mendukung diberlakukannya sertifikat halal di setiap restoran yang ada di Kabupaten Bekasi. Pemberlakukan sertifikat halal itu penting mengingat mayoritas penduduknya muslim.

“Pengadaan Sertifikasi halal khususnya pada saat membuka restoran saya rasa penting untuk status kehalalan  produk yang disajikan atau diolah sesuai syariat Islam. Mengingat mayoritas penduduk negara kita muslim,” jelas Ketua Iwapi Kabupaten Bekasi, Widi Karyaningsih dalam pesan Whatsapnya kepada Potret Bekasi.

Dia juga mendukung wacana pemberlakukan sertifikat kehalalan di setiap hotel yang ada di Kabupaten Bekasi. Mengingat, jumlah hotel yang cukup banyak dan setiap hotel memiliki restoran untuk menservice para tamunya.

“Setiap hotel itu memiliki resto, ya saya pikir label halal itu penting juga, jadi memberlakukan sertifikat halal secara keseluruhan itu baik, agar masyarakat khususnya muslim mengetahui menu apa yang dimakannya,” ujarnya.

Widi juga yakin, adanya sertifikat halal tidak akan menggangu bisnis yang ada di Kabupaten Bekasi. Asalkan para pelaku bisnis tidak dipersulit untuk membuat sertifikat halal yang diberlakukan pemerintah daerah.

“Nah kadang mau bikin sertifikat halalnya harus memenuhi syarat yang cukup rumit, ini yang saya khawatirkan dan bisa menjadi kendala bagi para pelaku bisnis makanan,” ucapnya.

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Bekasi mendesak pemerintah daerah mengeluarkan regulasi sertifikasi halal untuk rumah makan atau restoran. Rencana tersebut dikemukakan wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno yang meminta Pemda mengeluran regulasi berupa peraturan bupati agar bisa segera diimplementasikan.

“Kita tahu di Kabupaten Bekasi sudah banyak sekali penghuni dari berbagai Negara, jadi perlu kejelasan status restoran itu apakah halal atau buat non muslim,” tandasnya. (***)