8.712 Kendaraan Dinas Pemkab Bekasi Nunggak Pajak, Paling Banyak Merek Avanza

KABUPATEN BEKASI – Bikin malu aja, sebanyak 8.712 kendaraan plat merah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi nunggak pajaknya. Tak setahun dua tahun saja, tetapi tunggakan ada yang mencapai tiga tahunan.

Tunggakan pajak kendaraan dinas Pemda Kabupaten Bekasi itu diungkap Korektor Samsat Kabupaten Bekasi, Agus Ramdan. Dari jumlah tersebut terdiri 6.814 sepeda motor dan 1.871 kendaraan roda empat yang belum bayar pajak.

Padahal, biaya pajak kendaraan dinas ini berbeda dengan milik pribadi. Ada subsidi yang diberikan yaitu sebesar 0,50 persen dari nilai jual pajak yang ditetapkan.

“Misal mobil pribadi Rp 3 juta paling untul pelat merah hanya 1,2 juta. Begitu juga roda dua, tergantung tahun dan tipe kendaraan,” jelas Agus.

Kepada Bupati Eka Supriaatmaja pun telah dilayangkan surat pemberitahuan atas tunggakan kendaraan dinas tersebut. Orang nomer satu di Kabupaten Bekasi itu diminta segera melakukan tindakan kepada jajarannya agar jangan telat bayar pajak.

Dari data Samsat Kabupaten Bekasi, kebanyakan mobil dinas yang nunggak pajak mereknya Toyota Avanza. Sementara merek mobil kelas pejabat seperti Fortuner dan Pajero taat bayar pajaknya. (***)