Industri Bejibun, Wilayah di Bekasi Masuk Kategori Rawan Pangan

ilustrasi

KABUPATEN BEKASI – Menjadi wilayah yang kaya akan kawasan industri tak membuat Kabupaten Bekasi sejahtera. Masih saja ada wilayah yang masuk kategori minus dari kesejahteraan yaitu wilayah rawan pangan.

Seperti dilansir Pemda Kabupaten Bekasi, ada lima wilayah yang terdiri dari desa dan kecamatan yang rawan pangan. Di antaranya, desa Pantai Bahagian di Kecamatan di Kecamatan Muaragembong, Desa Karangsegar di Kecamatan Pebayuran, Desa Karang Patri di Kecamatan Pebayuran, Desa Sukamurni di Kecamatan Sukakarya, Desa Sukalaksana di Kecamatan Sukakarya, Desa Hegarmanah di Kecamatan Cikarang Timur, dan Desa Karangmulya di Kecamatan Bojongmangu.

“Setiap dua atau tiga tahun sekali kami memetakan dan mengkaji bagaimana kondisi kerawanan pangan di Kabupaten Bekasi, yang hasilnya terdapat lima Kecamatan dan tujuh desa rentan rawan pangan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi Wahyudi Asmar.

Ada beberapa penilaian yang dilakukan Pemda mengenai wilayah yang masuk rawan pangan. Di antaranya aspek ketersediaan pangan, aspek keterjangkauan pangan, dan aspek pemanfaatan pangan.

“Tiap aspek ada indikator masing-masing seperti rasio warung terhadap rumah tangga, rasio toko terhadap rumah tangga, rasio penduduk dengan status kesejahteraan terendah, dan lain lagi,” ujarnya. (***)