Tak Hanya Cobra, Ular Jenis Lain Juga Teror Warga

KABUPATEN BEKASI – Tak hanya teror ular kobra, warga perumahan Puri Nirwan Residance (PNR) Blok P di desa Sukaraya Kecamatan Karang Bahagia juga sempat dibikin heboh dengan ditemukannya beberapa kali anak ular dari jenis yang berbeda. Kehadirian ular tersebut membuat cemas karena khawatir indukan ular tersebut masih berkeliaran.

“Saya temukan ular ini disekitar rumah, belum tahu jenisnya, kemungkinan anak sanca,” kata seorang warga perumahan tersebut.

Meski begitu, ada beberapa warga yang khawatir akan bahaya ular tersebut. Selain belum bias dipastikan jenisnya, apakah ular tersebut mengandung racun atau tidak. “Itu ular ada garis putihnya di sekitar leher, sepertinya ada racun,” timpal warga lain.

Dengan begitu, warga sekitar perumahan diminta berhati-hati memasuki musim penghujan ini. Apalagi jika banjir, ular terkadang memasuki pekerangan atau kedalam rumah.

Sebelumnya juga warga sempat menemukan anakan ular dari jenis berbeda. Namun, dari penemuan anakan ular itu bukan dari jenis ular cobra yang saat ini tengah marak di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelematan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho meminta berhati-hati lantaran banyak laporan mengenai ular masuk ke dalam pekarangan bahkan bangunan yang didiami warga.

 “Karena sangat memungkinkan, ketika rawa ditutup, sawah ditimbun dan aliran irigasi sungai diperkecil untuk dibangun perumahan, pabrik maupun jalan, pada akhirnya ular akan mencari tempat lain untuk meletakan telurnya, termasuk di dekat pemukiman warga,” tandasnya. (***)