Pakai Sabuk, Jangan Main Hp! Segera Ada Tilang Elektronik Disimpang SGC

KABUPATEN BEKASI – Pengendara yang melintasi persimpangan Sentra Grosir Cikarang (SGC) mulai tertib lalu lintas. Pasalnya, Polres Metro Bekasi melakukan uji coba tilang elektronik menjadi tempat uji coba menerapkan system tilang elektronik.

Rencananya uji coba tilang elektronik itu akan diberlakukan pada pekan ketiga bulan Februari 2020. Sasarannya yaitu pada pelanggaran : mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan pengendara mobil dan motor yang mengemudi sambil mengoperasikan telepon genggam.

“Karena masih uji coba, pelanggaran yang ditindak masih kami batasi,” kata Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKB Rahmat Sumekar.

Tilang nantinya akan diterapkan berdasarkan pantauan kamera dengan ketajaman yang tinggi yang dipasang di sejumlah titik. Pengendara yang diketahui melanggar akan langsung ditilang dengan berdasarkan pada nomor polisi kendaraan.

Kemudian surat tilang nantinya dikirim ke rumah pemilik kendaraan. “Untuk sementara uji coba akan kami berlakukan sementara teguran mengirimkan hasil pelanggarannya kerumah dia,” ujarnya.

Meski begitu, kepolisian memberikan ruang klarifikasi jika kendaraan yang melanggar itu tidak dikendarai pemiliknya alias orang lain.  “Pemilik dapat memberikan klarifikasi,” ucapnya.

Sementara itu, uji coba bakal dievaluasi sebelum akhirnya ditetapkan di dua titik yaitu di bunderan Jababeka dan Jalan Muhammad Husni Thamrin Lippo Cikarang. (Pobek)