Apakah Nunggu Korban Jiwa? Pemda Dinilai Cuek Amankan Warga Bantaran Kali Bekasi

 

KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Daerah (Pemkab) Bekasi masih cuek dengan nasib warganya yang tinggal di bantaran kali Bekasi. Sampai saat ini, Pemda belum melakukan apa-apa agar rumah warga yang persis berada di bantaran kali aman dari longsor. Apakah menunggu sampai ada korban jiwa?

Kondisi itu bisa dilihat di Dusun II Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara. Banyak tempat tinggal warga yang persis berada di bantaran Kali Bekasi dan merasa cemas akan longsor susulan akibat derasnya aliran Kali Bekasi. Apalagi, intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi.

Anggota BPD Sriamur, Hasbi Aas mengungkapkan jika kondisi itu sudah berlangsung sejak lama. Bahkan sudah ada usulan agar ada penanganan ataupun pencegahan lewat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Tapi sayang, sampai saat ini belum ada upaya serius yang dilakukan pemerintah baik di tingkat daerah, provinsi maupun pusat.

“Bertahun-tahun, warga yang tinggal di dekat bantaran Kali Bekasi belum mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal saat hujan deras melanda dan air kiriman datang warga selalu merasa was-was rumahnya roboh akibat tanahnya tergerus derasnya aliran air Kali Bekasi,” kata Hasbi Aas, Jum’at (21/02).

Untuk itu, warga berharap pemerintah tanggap akan persoalan ini dengan melakukan penanganan dan pencegahan longsor susulan di lokasi tersebut seperti dengan memasang sheet pile beton.

“Karena sudah sekian banyak rumah yang hilang akibat tergerus longsor dan terbawa aliran sungai. Sementara warga yang masih bertahan, ingin merasakan keadilan dan perhatian pemerintah,” kata dia. (Pobek)