Hapus Derita Warga, BBWS Diminta Segera Perbaiki Tanggul Jebol Muaragembong

KABUPATEN BEKASI – Untuk mengurangi beban derita yang dialami masyarakat Muaragembong, wakil Gubernur Jabar meminta agar Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) segera melakukan penanganan tanggul yang jebol akibat luapan sungai Citarum.

Sebelumnya, ratusan rumah warga terendam bajir akibat tanggul sungai Citarum Jebol di Kecamatan Muaragembong yang terjadi pada Rabu (26/02).

“Sudah kami bicarakan dengan BBWS agar segera diperbaiki, karena itu wilayahnya bukan hanya pemprov,” kata Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanululum.

Wabup Jabar itu mengatakan beberapa sungai besar menjadi tanggungjawab beberapa pihak. Misalnya, Kali Bekasi menjadi tanggungjawab Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC). Sementara Sungai Citarum menjadi tanggungjawab BBWS.

“Karena air sungai-sungai besar yang melewati kabupaten/kota itu yang menangani kan BBWS,” katanya.

Meski begitu, untuk memperbaiki tanggul tersebut BBWS tetap diminta berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memperbaikinya.

“Biasanya pengalaman kami di Tasikmalaya BBWS itu membangun tanpa ada koordinasi sehingga kadang-kadang apa yang dibangun tidak sesuai dengan harapan pemda setempat. Jadi kami mau kedepannya ada koordinasi besama,” tandasnya. (Pobek)