Empat Pelaku Miras Oplosan Maut di Pesta Pernikahan Ditangkap

KABUPATEN BEKASI – Mendengar lagu oplosan memang enak. Tetapi kalau mengoplos miras beneran tidak enak. Seperti yang terjadi di Kampung Puloasem, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya, dua orang pemuda meninggal setelah menenggak miras oplosan di pesta pernikahan warga.

Pelakunya pun sudah ditangkap. Ada empat orang ditetapkan sebagai tersangka meninggalnya dua orang akibat miras oplosan itu. pada minggu (8/3).

Keempat tersangka itu berinsial DA sebagai penyandang dana pembalian miras, YU sebagai penjual miras, WA dan AS sebagai pengoplos miras yang dibeli dari YU.

“Awal mulanya tersangka DA memberikan uang Rp 1,7 juta kepada WA lalu WA memesan 100 botol miras kepada YU yang mengoplos miras tersebut,” jelas Kasubbag Polres Metro Bekasi, Kompol Sunardi.

Mereka yang meninggal adalah JY dan AS. Korban telah dimakamkan  di TPU H. Ebos dan Agus di TPU Kampung Gandok, Sukakarya. Sementara, sepuluh orang lainnya selamat dan masih mendapatkan perawatan akibat meminum miras oplosan itu.

Pelaku WA dan AS mengoplos miras tersebut dengan alcohol 60 persen dicampur air galon isi ulang. Setelah itu, miras tersebut dimasukan ke botol manson.

Kemudian, miras oplosan itu diserahkan kepada WA yang membawanya ke Kampung Gandok, Sukamakmur. Tak sampai disitu, miras tersebut dioplos kembali dengan minuman berenergi.

“Lalu mereka memasukkan lagi ke botol dan kantong plastik untuk diminum di pesta pernikahan saudara DA,” lanjurnya.

Aparat kepolisan tak butuh waktu lama menciduk para tersangka ini. Sang penjual YU ditangkap di rumahnya di Perumahan Villa Kencana Cikarang, Kecamatan Sukakarta.

Polisi terus melakukan penggeledahan tempat pengoplosan miras tersebut di Kampung Pule RT 001/01, Desa Karangsetia, Kecamatan Karangbahagia.

Dari situ, sejumlah barang bukti diamankan yaitu 3 botol miras, 2 tutup botol miras, kain bekas lap muntahan korban. Digudang miras oplosan itu juga terdapat ember besar, galon kosong, gayung, plastik dan 7 kardus berisi 168 botol kosong bekas dan miras merek Intisari. (Pobek)