Corona Bikin THR Karyawan Merana?

JAKARTA – Perusahaan kemungkinan mengalami kesulitan membayar tunjangan hari raya (THR) tahun ini kepada karyawan. Hal tersebut dipengaruhi masih mewabahnya virus Covid-19 dibeberapa daerah di Indonesia.

Seperti dikatakan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan Anton J Supit. Kata dia, kemugkinan pengusaha akan keslutian memberikan THR kepada karyawannya. Namun dia tidak berani menyimpulkan apakah THR ditiadakan untuk lebaran tahun ini.

Yang jelas, ungkap Anton, dibayar atau tidaknya THR tergantung dari seberapa besar kekuatan keuangan perusahaan.  “Sangat berat, bisa bayar atau tidak kita tidak tahu. Balik lagi ke pengusahanya,” kata Anton.  

Anton mengaku kinerja perusahaan menurun sejak mewabahnya virus corona di beberapa daerah. Dengan begitu ada dilema yang dialami para pengusaha ditanah air.

“Kita sebagai gambaran produksi juga menurun, order menurun, ekspor menurun, semua menurun. Ini memang kewajiban tapi kalau dia (perusahaan) nggak ada, bayar gaji aja susah, mau gimana ini kan? Ini kan dilema,” ungkap Anton. (Pobek)