MUI Minta Sholat Jumat Berjamaah Diganti Sholat Juhur di Rumah

KABUPATEN BEKASI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi mengeluarkan surat bernomor 48/MUI/KAB-BKS/III/2020 tentang Penyelanggaraan Ibadah Berjamaaah yang dikeluarkan MUI Kabupaten Bekasi tanggal 31 Maret 2020. Surat tersebut berisi seruan agar sholat jumat berjamaah bisa diganti dengan sholat juhur di rumah.

“Sebagai gantinya silakan melaksanakan salat dzuhur di rumah masing-masing sampai ada maklumat selanjutnya,” kata Sekretaris MUI Kabupaten Bekasi KH Muhidin Kamal pada Rabu (01/04).

Selain salat Jumat, hal sama juga diberlakukan untuk aktifitas ibadah lainnya yang melibatkan orang banyak. Sebab, diyakini bisa  menjadi media penyebaran COVID-19.

“Namun kami juga menghimbau agar pengurus masjid tetap mengumandangkan adzan sebagai tanda waktu masuk salat lima waktu dan senantiasa menjaga kebersihan atau melakukan sterilisasi masjid,” ungkapnya.

MUI Kabupaten Bekasi, sambungnya, meminta agar seluruh umat islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.  “Caranya adalah dengan tetap menjalankan ibadah salat lima waktu dan melaksanakan ibadah lainnya serta senantiasa berdoa, berdizir  kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari Wabah COVID-19,” pungkasnya. (Pobek)