Corona Serang Karyawan, Dua Pabrik di Cikarang Tutup

KABUPATEN BEKASI – Dua pabrik yang ada di kawasan industry di Kabupaten Bekasi terpaksa ditutup pasca karyawannya terinfeksi covid-19. Kasus itu menjadi perhatian penting bagi industri agar memperket penyebaran virus corona pada karyawan.

Tutupnya pabrik akibat karyawan terkena Corona itu dibenarkan Juru Bicara Pusat INformasi dan Koordinasi COvid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah.

“Iya dilaporkan ada dua pabrik tutup sementara operasionalnya karena ada yang terpapar corona,” kata Alamsyah pada Jumat (10/05).

Namun, Alamsyah enggan menyebut nama dua perusahaan itu.

Di perusahaan itu, ada tiga buruh dinyatakan positif berdasarkan rapid test dua hari lalu. Ketiganya lagi diisolasi untuk ikuti tahap berikutnya menjalani tes swab.

Alamsyah menuturkan meski baru hasil rapid tes, akan tetapi perusahaan wajib ditutup sementara sampai nanti ada hasil tes swab.

Ketiganya akan dilakukan tes swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang berlokasi di Pasir Gombong, Cikarang Utara, pada Senin pekan depan.

“Tes swab ini memastikan mereka terpapar virus corona atau tidak. Kita lihat hasilnya baru bisa menentukan tindakan kelanjutan (operasional perusahaan),” ungkapnya.

Untuk satu pabrik lagi yang ditutup operasional berada di kawasan industri MM2100. Di sana, ada seorang buruh yang terpapar corona, bahkan hingga meninggal dunia.

Buruh itu juga menjabat sebagai ketua serikat pekerja. “Sesuai protokol, otomatis pabrik ditutup selama 14 hari. Kita juga bakal lakukan tracking yang kontak dengan mereka yang positif,” tutup dia. (Pobek)