Bantuan Pemerintah Tak Kunjung Datang, Aktivis Bergerak Salurkan Bantuan ke Warga

KARANG BAHAGIA, KABUPATEN BEKASI – Ditegah pandemic Covid-19, Aliansi Peduli Masyarakat melakukan aksi sosial dengan memberikan bantuan sembako ke warga di Jalan Pintu Air, Desa Sukaraya Kecamatan Karang Bahagia. Aksi tersebut dilakukan karena belum maksimalnya bantuan yang diterima masyarakat Kabupaten Bekasi dari pemeritah daerah.

“Kami melakukan aksi ini karena bantuan dari pemerintah daerah belum menjangkau ke masyarakat sepenuhnya. Kasihan warga, mereka sangat membutuhkan bantuan di tengah pemberlakukan PSBB akibat pandemic corona ini,” jelas aktivis dari Aliansi Peduli Masyarakat Kabupaten Bekasi, Irham Firdaus.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum menerima bantuan sama sekali dari program social yang digelontorkan pemerintah daerah. Bahkan dari warga sudah mencoba memberikan Kartu Keluarga (KK) sebagai bukti mereka berhak menerima bantuan, tetapi sayang bantuan tersebut tak kunjung tiba.

“Ya apakah harus menunggu dulu mereka mati kelaparan, ya tidak kan. Harus dibantu sedini mungkin. Apa pun yang bisa kita lakukan ya perbuat untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Irham menjelaskan, bantuan yang diberikannya berasal dari swadaya yang dilakukan oleh mereka yang peduli dengan kondisi masyarakat. Ada pun bantuan tersebut berupa lima liter beras, sarden, mie instan, teh dan minya kelapa.

“Kami akan semaksimal mungkin untuk membantu warga dengan menyalurkan bantuan ini,” tandasnya.

Sementara itu, dari LSM Kompi Ergat Bustomi mengaku miris dengan kondisi masyarakat saat ini. Seharusnya, semua pihak yang mampu, terutama pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Sosial dengan cepat memberikan bantuan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Ya harus cepat, terutama penyajian data warga yang berhak. Jangan sampai masalah data menjadi kendala. Begitu juga anggaran bantuan tersebut, jangan pilah-pilah masyarakat karena saya yakin hampir semua masyarakat membuthkan bantuan itu,” tandasnya. (Pobek)