Tak Izinkan Sholat Ied di Masjid dan Lapangan, Pemkab Bekasi : di Rumah Saja!

KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi tak menginzinkan masyarakat untuk menggelar shola ied di masjid dan lapangan. Sebaiknya, masyarakat dibolehkan untuk melaksanaakn solat idul fitri itu di rumah saja.

Seruan agar shola ied di rumah saja diungkapkan bupati Eka Supriaatmaja pasca menghadiri pembahasan dan penandatangan seruan bersama di Mapolres Metro Bekasi pada Jumat (22/05).

Di situ hadir unsur Forkopimda, MUI Kabupaten Bekasi, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Kementeriaan Agama Kabupaten Bekasi.

“Kami sepakat agar semua masyrakat Kabupaten Bekasi agar melakukan shola ied di rumah masing-masing. Ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama,” kata Bupati Eka.

Eka berharap, seruan ini bisa disosialisasikan ke semua masyarakat untuk kebaikan bersama. Dengan harapan, pandemic Covid-19 bisa benar-benar hilang.

“Kita berharap agar tetap bisa menjalani Idul Fitri dengan khidmat, walaupun dengan kondisi seperti ini,” ucapnya.

Selain itu, Bupati juga meminta agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling. Katanya, masyarakat bisa melakukan takbiran di mushola saja dengan pengeras suara.

Keputusan ini juga mengacu kepada surat edaran menteri agama RI nomor SE 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah ramadhan dan idul fitri 1441 H di tengah pandemic wabah Covid-19 dan Fatwa MUI Pusat Nomer 28 tahun 2020 tentang panduan kaifat takbir dan sholawat idul fitri saat pandemic corona. (Pobek)