Refleksi 1 tahun Bupati Eka Supria Atmaja : “Raport Merah” ASN Kabupaten Bekasi

Ketua Lembaga kajian Rinjanikita, Irham Firdaus

KABUPATEN BEKASI – Lembaga Kajian Rinjanikita melakukan evaluasi kinerja Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bekasi di 1 tahun kerja Bupati Eka Supriaatmaja dengan memberikan nilai  raport merah.

Menurut Ketua Lembaga Kajian Rinjanikita, Irham Firdaus ada beberapa poin yang membuat kinerja ASN dapet raport merah. Pertama, disiplin kerja ASN di Pemkab Bekasi rendah.

“Hampir setiap hari banyak ditemui  ruang kosong pada saat jam kerja, hampir di tiap kantor OPD,” kata Irham.

Selain itu, tidak berjalannya penempatan pejabat seusai dengan kemampuannya. Akibatnya, kinerja program yang direncanakan mereka kurang tepat sasaran dan serapan anggaran pembangunan Kabupaten Bekasi kurang maksimal.

Irham juga mengendus terjadinya pergesaran orientasi kerja para ASN dalam menjalankan tugasnya. Mereka dinilai lebih berorientasi pada jabatan dan “kue APBD” dengan menyesampingkan aspek profesionalitas dalam bekerja sesuai dengan amanat Undang-undang dan peraturan pemerintah.

Tak hanya itu, Lembaga ini juga membeberkan adanya kelompok-kelompok dalam tubuh ASN Kabupaten Bekasi menjadi salah satu pemicu berkurangnya loyalitas terhadap pimpinan.

“Memang persoalan penilaian buruknya kinerja ASN sudah cukup lama, hal ini jadi PR Bupati untuk segera melakukan evaluasi terkait dengan rendahnya kinerja ASN Kabupaten Bekasi dengan cepat dan tegas agar pembangunan lebih tepat sasaran dan tidak ada lagi copy paste perencanaan pembangunan,” tegasnya.

Irham juga berharap Bupati bisa merombak formasi ASN saat ini dan bisa menempatkan orang yang tepat dibidangnya. Jika tidak, pembangunan Kabupaten Bekasi akan sulit tercapai dengan maksimal. (Pobek)