Investor Korea Siap Investasi Perkebunan Ginseng di Cabang Bungin

KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menjajaki kerjasama dengan investor asal Korea untuk menanamkan modalnya di wilayah Kecamatan Cabang Bungin. Wilayah utara Kabupaten Bekasi itu akan segera dibangun perkebunan tanaman khas asal Korea, ginseng.

Rencana kerjasama pemkab Bekasi dengan investor Korea itu diungkapkan Kepala Sub Bidang Ekonomi Balalitbangda Kabupaten Bekasi, Indra Wahyudi. Saat ini, Balitbang tengah melakukan kajian untuk penanaman investasi perkebunan ginseng itu di Cabang Bungin.

“Kami telah mengkaji tanah di Cabang Bungin sangat cocok ditanami ginseng dan investor Korea juga telah melakukan pertemuan Bupati, jadi tinggal tunggu waktu saja,” jelas Indra.

Dia menjelaskan, penanaman modal investasi perkebunan ginseng itu bakal menguntungkan daerah. Selain menghasilkan PAD, investasi tersebut juga telah disepakati akan menggunakan tenaga kerja local.

“Jadi bibit ginsengnya didatangkan dari Korea, hasilnya juga nanti di ekspor lagi ke korea. Dipastikan akan mengutamakan tenaga kerja local daerah tersebut,” jelasnya.

Dengan begitu, Indra yakin investasi tersebut berpengaruh terhadap roda perekonomian warga sekitar. Selain itu juga, lanjutnya, adanya perkebunan ginseng juga bisa menjadi dayatarik objek wisata.

“Jadi manfaat keberadaan perekebunan ginseng nantinya sangat terasa sekali,” tambahnya.

Namun, Indra belum memastikan kapan waktu akan dimulainya penanaman investasi tersebut. Saat ini, lembaganya tengah melakukan kajian dan diharapkan tahun ini bisa terealisasikan.

“Untuk waktunya kita tunggu saja, yang pasti Bupati telah bertemu dan sepakat dengan investor asal Korea itu berinvestasi perkebunan ginseng di Cabang Bungin,” tandasnya. (Pobek)