Balitbangda Kabupaten Bekasi Ikuti Lomba Inovasi New Normal

Sub Bid Penyelenggaran Pemerintahan Balitbangda Kabupaten Bekasi, Fadli Marissatrio

KABUPATEN BEKASI – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda)  Kabupaten Bekasi telah mengikuti kegiatan lomba Inovasi Daerah dalam penyiapan dan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ada beberapa sector yang diikutsertakan yaitu pasar tradisional, pasar modern atau mall, restoran, hotel, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Kegiatan ini tujuannya untuk mendorong daerah menciptakan dan menerapkan model inovasi dalam rangka pelaksanaan tatanan hidup normal baru, produktif dan aman dari Covid-19,” jelas Sub Bid Penyelenggaran Pemerintahan Balitbangda Kabupaten Bekasi, Fadli Marissatrio saat ditemui di ruangannya.

Fadli mengakui tak mudah mengiuti lomba inovasi yang diselenggarakan Kemendagri itu. Apalagi, waktu yang telah disediakan tak cukup untuk mengeksplor kegiatan apa yang harus diikut sertakan di lomba itu.

Bahkan, Balitbangda melibatkan Humas Kabupaten Bekasi untuk membuat dokumentasi video perlombaan invasi di masa covid.

“Batas waktunya saat itu seminggu lagi selesai, kami juga keterbatasan alat, makanya kami melibatkan Humas. Jadi ide dari kami dan humas yang membuatkan videonya,” ujarnya.

Fadli mengakui jika hasil yang dikirimkan Balitbangda Kabupaten Bekasi tak masuk kategori juara inovasi tersebut. Namun, dengan adanya perlombaan itu, memberikan dampak positif terutama memancing kreatifitas dan inovasi di segala bidang untuk kemajuan Kabupaten Bekasi kedepannya.

Apalagi, pasca pandemic, telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dengan begitu, penanganan pandemic menjadi saran bagi pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam menekan penularan dan menangani penyebaran covid-19.

“Ya rencanan pelksanaan new noeml life ini membutuhkan koordinasi, kolaborasi dan kerjasama pemerintah, pemerintah daerah dan stakeholder,” katanya. (Pobek)