Bupati Eka Tuding Perusahaan Tak Kooperatif Lapor Kesehatan Karyawannya

CIKARANG PUSAT – Bupati Bekasi Eka Supriaatmaja menuding ada sebagian perusahaan kurang kooperatif melaporkan kondisi kesehatan karyawannya. Jika perusahaan mau terbuka, corona di cluster industry bisa segera ditangani.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Komunikasi Kabupaten Bekasi, Kamis (1/10/2020), total kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sebanyak 2.811.Dari jumlah itu hampir separuh dari total kasus virus corona disumbangkan dari klaster industri.

Pihak perusahaan baru melaporkan kasus ketika jumlah karyawan yang sakit meningkat.

“Sepanjang industri itu kooperatif terhadap gugus tugas tidak akan terjadi penambahan sampai tinggi. Maka kita imbau ke industri bahwa industri tidak akan ditutup lama kalau cepat lapor,” kata Eka.

Jika laporan kasus virus corona segera dilakukan, kata Eka, maka langsung dilakukan langkah-langkah cepat agar virus tidak semakin meluas.

Dia menerangkan, langkah-langkah yang dilakukan antara lain menutup sementara kegiatan untuk melakukan strerilisasi dan pemeriksaan kesehatan massal karyawan yang kontak erat.

“Harus ada langkah-langkah cepat, strerilisasi, di-swab, diliburkan dulu baru masuk lagi. Maka butuh lapor cepat, jika telat lapor itu jadi fatal,” ujarnya. (Pobek)