Jangka Waktu 4 Tahun, Baznas Kabupaten Bekasi Bangun 600 Rutilahu

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Pusat – Baznas Kabupaten Bekasi menargetkan sebanyak 600 unit Rumah Tak Layak Huni atau Rutilahu Terbangun di 2020.

Baznas menjadi salah satu lembaga zakat yang menjadi tumpuan masyarakat miskin agar mendapatkan rumah yang layak untuk ditinggali.

“Dalam bantuan Rutisae atau rumah layak huni sanitasi sehat dari tahun 2016 sampai tahun 2020 ini sudah mendekati angka 600 unit rumah terbangun,” Jelas Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, H. Abdul Azis.

Dia optimis sampai akhir tahun ini, target 600 rumah bakal tercapai sebab dari jumlah yang telah dibangun pada bulan Oktober 2020 sudah sangat mendekati target tersebut.

Apalagi, lanjutnya, permohonan warga agar rumahnya dibangun juga cukup banyak. Baznas Kabupaten Bekasi telah menerima permohonan warga tersebut seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, rumah warga rusak akibat terhantam putting beliung di wilaha Jaya Sampurna, Serang Baru.

“Permohonan warga sangat banyak seperti kemarin di desa Jaya Sampurna Serang Baru terkena putting beliung ada 3 rumah 1 rusak dan 2 rumah roboh,” jelasnya.

Permohonan warga itu pun langsung ditanggapi Baznas dengan mengganti kerusakaan yang terjadi pada rumah warga. “Atap kami ganti dan rumah roboh kita bangun dari awal, sudah dilaksanakan minggu dan bisa dinikmati,” ujarnya.

Tak hanya itu, Baznas Kabupaten Bekasi juga telah bekerjasama dengan seninman Kabupten Bekasi untuk membangun salah satu rumah seorang seniman yang kondisinya hamper roboh.

“Sangat mengkhawatirkan rumahnya,” katanya.

Selain itu juga Baznas telah membangun Rutilahu dibeberapa kecamatan seperti Kecamatan Cikarang Timur. Ada empat rumah yang telah diseleaikan. Bahkan termasuk Kecamatan Cabang Bungin dan Kecamatan lainnya.

“Kita bangun Rutilahu sehingga sampai akhir tahun yang sudah dibangun Baznas Kabupaten Bekasi mencapai 600 rumah dimana dalam pembangunannya 5 x 6 atau 4 x 7,” tandasnya. (jay/pobek)