PKS Minta Vaksin Covid-19 Harus Turunkan Jumlah Pasien Corona

BANDUNG, Jawa Barat – PKS Jawa Barat mendukung vaksin covid-19 menggunakan vaksin asal Cina, sinovac.

Namun, PKS memberikan catatan agar vaksin tidak merugikan masyarakat banyak.

Anggota DPRD Jawa Barat, Faizal Hafan Farid menjabarkan beberapa poin yang membuat partai tersebut menerima vaksin tersebut disalurkan ke masyarakat. Pertama, keamanannya harus benar-benar terjamin.

“Harus aman dengan standar kemananan yg diterapkan WHO dan uji klinis pembuat vaksin,” jelas Faizal.

Politisi senior PKS juga mengatakan jika khasiat atau manfaat vaksin sinovac harus jelas dan terukur. Artinya ada manfaat dari pelaksanaan suntikan vaksin yang dilakukan ke masyarakat.

“Jadi dilihat kedepannya, apakan ada manfaat misalnya setelah diberlakukan vaksin apakah kasus pandemic covid-19 akan berkurang,” katanya.  

Selain itu, PKS juga memberikan catatan jika kualitas vaksin harus benar-benar diperhitungkan. Vaksin harus loos uji dan ampuh. “Jangan asal ada saja barang jelek tetap digunakan akibatnya malah gagal dan ada dampak yang lain,” tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah mendistribusikan vaksin Sinovac kepada beberapa daerah, termasuk di Jawa Barat. Namun, untuk Kabupten Bekasi belum menerima vaksin dan baru masuk tahap II, dimana waktu dan tanggalnya belum ditetapkan. (rls/Pobek)