ASPHRI Apresiasi Vaksin Sinovac Gratis Bagi Karyawan

KABUPATEN BEKASI – Rencana pemerintah pusat menggratiskan vaksin covid-9 Sinovac disambut baik pegiat industry. Dengan begitu, diharapkan dapat berdampak positif bagi penghentian penyebaran covid-19 di cluster industry.

“Pelibatan swasta dalam program vaksinasi mandiri, jika benar murni untuk mempercepat program vaksinasi kepada karyawan di perusahaan swasta, sangat kita apresiasi,” kata Ketua Umum Asosiasi Praktisi Human Resouce Indonesia (Asphri), Yosminaldi.

Mantan Ketua Forum HR Ejip itu berharap ada dampak positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi dan bisnis, khususnya dunia usaha dan dunia industri.

“Namun, kontrol terhadap distribusi dan program ini harus tetap dibawah koordinasi Pemerintah, karena ini menyangkut kualitas vaksin dan perijinan lainnya,” katanya.

Disamping itu, progran vaksinasi yang dilakukan langsung oleh swasta ini harus bersifat gratis dan tidak memberatkan perusahaan. Sebab, kondisi perusahaan saat ini masih belum pulih seratus persen pasca dihantam pandemic covid-19.

“Kemungkinan program vaksinasi yang akan dilakukan pihak swasta ini tidak boleh untuk dijadikan bisnis, tapi benar murni untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi bagi pekerja di dunia usaha dan dunia industry,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya tengah mempersiahkan regulasi mengatur pembelian vaksin oleh sector industry.

“Terkait dengan persiapan untuk akselerasi vaksin di mana akselerasi melalui program mandiri sedang dipersiapkan regulasinya karena mengatur pembelian oleh sektor-sektor industri tertentu dan itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga,” ujar Airlangga Hartarto dalam jumpa pers. (Pobek)