BPD Jayamukti Cikarang Pusat Belum Terima LPJ Panitia Pilkades

KABUPATEN BEKASI – Usai digelarnya pemilihan Kepala Desa Jayamukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi pada Minggu (20/12), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jayamukti mengakui sampai saat ini belum menerima laporan pertanggungjawaban dari Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

Padahal, laporan pertanggungjawaban tersebut diatur dalam Peraturan Bupati Bekasi Nomor 5 tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksana Pemilihan Kepala Desa dan masuk tahapan Pilkades.

“Hingga saat ini kami BPD belum menerima laporan pertanggungjawaban dari Panitia Pilkades. Padahal sudah cukup jelas dalam Perbup itu paling lambat tujuh hari setelah pemungutan suara,” ungkap Ketua BPD Jayamukti, Mamat Hiari.

Menurutnya, dirinya bersama anggota BPD sering mengingatkan kepada Panitia Pilkadas terkait laporan pertanggungjawaban, bahkan hingga dua kali melayangkan surat kepada Panitia Pilkades. Namun sayang, katanya, tidak ada jawaban dari Panitia Pilkades.

“Kami hingga bersurat dua kali ke Panitia Pilkades, tapi sampai saat ini belum menerima laporan Pertanggungjawaban dari Panitia Pilkades ini ada apa? Seharusnya kami pun tidak perlu bersurat karena Panitia Pilkades pun tahu dan jelas diatur secara tahapan di Peraturan Bupati Kabupaten Bekasi Nomor 5 tahun 2018,” paparnya.

Anehnya lagi, kata Mamat, pada tahapan penetapan bakal calon menjadi calon Kepala Desa, pihak panitia tidak melaporkan berita acara tahapan penetapan bakal calon menjadi calon Kepala desa ke BPD.

“Kami BPD tidak membuat Berita Acara (BA) tahapan penetapan bakal calon Kades menjadi Calon Kades, karena dalam tahapan penetapan tersebut tidak ada laporan dari Panitia Pilkades kepada BPD, apalagi sekarang sudah tahun 2021,” katanya.

Sementara itu belum ada tanggapan dari Panitia Pilkades Jayamukti, Abudin Abdul Rohim. Pesan Whatsapp yang dikirim Cikarang Ekspres belum mendapatkan jawaban. (Pobek)