BPJS Kesehatan–Kejari Kabupaten Bekasi Tegakan Kepatuhan Badan Usaha

KABUPATEN BEKASI – Sebagai langkah dalam meningkatkan kepatuhan Badan Usaha di Wilayah Kabupaten Bekasi dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cikarang menggandeng Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi. Kerjasama tersebut bermaksud untuk meningkatkan kepatuhan Badan Usaha di wilayah Kabupaten Bekasi dalam pendaftaran badan usaha, pembayaran iuran dan penyampaian data secara lengkap dan benar kepada BPJS Kesehatan.

Salah satu implementasi bentuk kerjasama tersebut ialah telah dilakukan penyerahan Surat Kuasa Khusus (SKK) terhadap Badan Usaha yang tidak patuh dari BPJS Kesehatan Cabang Cikarang kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi secara online, Rabu (03/02).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Nurifansyah mengungkapkan penyerahan SKK kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi ini sebagai tindak lanjut dan upaya bersama dalam penegakan kepatuhan terhadap Badan Usaha. Dirinya menyebut, SKK kali ini berkaitan dengan ketidakpatuhan Badan Usaha dalam melakukan pembayaran iuran dan penyerahan data secara lengkap dan benar kepada BPJS Kesehatan.

“Terdapat 61 Badan Usaha di wilayah Kabupaten Bekasi yang diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi untuk dilakukan pemanggilan SKK. Dari 61 Badan Usaha tersebut terdapat 59 Badan Usaha yang merupakan Badan Usaha menunggak iuran dan 2 Badan Usaha yang belum memberikan data pekerja secara lengkap dan benar,” ujar Nurifansyah.

Dengan begitu, lanjut Nurifansyah, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi untu terus meningkatkan kepatuhan badan usaha. Dirinya berharap, dengan adanya kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi menjadikan langkah yang tepat dalam memberikan teguran kepada badan usaha yang masih belum memiliki tingat kepatuhan yang tinggi dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS.

Selain itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi R. R. Mahayu Dian Suryandari mengatakan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi BPJS Kesehatan Cabang Cikarang dalam mensukseskan keberlangsungan program JKN-KIS salah satunya melalui penegakan kepatuhan terhadap Badan Usaha di wilayah Kabupaten Bekasi.

Dian menyebut Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi pelaksanaan pemanggilan SKK terhadap 61 Badan Usaha yang telah diserahkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cikarang akan segera dilaksanakan secepatnya.

“Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan bagi BPJS Kesehatan Cabang Cikarang dalam mensukseskan program JKN-KIS, salah satunya adalah melalui penegakan kepatuhan terhadap Badan Usaha menunggak iuran dan yang belum memberikan data secara lengkap dan benar kepada BPJS Kesehatan. Pelaksanaan pemanggilan SKK terhadap Badan Usaha yang telah diserahkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cikarang akan segera dilaksanakan secepatnya,” ujarnya. (Pobek)