Berobat di Fasilitas Kesehatan Lebih Mudah Dengan Antrian Online

KABUPATEN BEKASI – Guna meningkatkan pelayanan kepada peserta, BPJS Kesehatan terus menghadirkan inovasi yang bisa dimanfaatkan peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan, salah satunya melalui sisten antrean online. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Nurifansyah mengungkapkan melalui antrean online yang terdapat dalam aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengambil nomor antrean tanpa harus datang ke Fasilitas Kesehatan terdaftar. Peserta JKN-KIS juga dapat menyesuaikan waktu kedatangan ke Fasilitas Kesehatan sehingga dapat menghindari kerumunan dalam waktu yang lama.

“Bagi peserta Program JKN-KIS yang ingin mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan tidak perlu mengantri lama di fasilitas kesehatan, melalui antrean online peserta dapat mengambil nomor antrean di rumah tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan. Peserta dapat menyesuaikan waktu kedatangannya ke fasilitas kesehatan sehingga dapat menghindari kerumunan orang dalam waktu yang lama dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19,” jelasnya.

Ifan menambahkan, masyarakat tidak akan kesulitan untuk menggunakan fitur antrean online di aplikasi Mobile JKN. Cukup ikuti langkah berikut, pertama buka aplikasi Mobile JKN lalu pilih menu “Pendaftaran Pelayanan” kemudian masyarakat dapat memilih poli yang akan dituju dan memasukkan keluhan yang dialami, selanjutnya pilih “Daftar Pelayanan” dan setelah berhasil maka nomor antrean akan di Fasilitas Kesehatan akan keluar.

“Dengan adanya antrean online ini, bisa berdampak mengurangi kerumunan di fasilitas kesehatan, sehingga risiko penularan virus Covid-19 juga bisa berkurang,” tambah Ifan.

Ditemui terpisah, Fadil (27) seorang pegawai swasta mengaku sangat terbantu dengan adanya fitur antrean online yang ada pada Aplikasi Mobile JKN. Ia mengatakan sangat terbantu dengan adanya antrean online mengingat masih maraknya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Fadil juga menambahkan dirinya bisa mengatur waktu kapan ia harus datang untuk berobat sehingga ia dapat memanfaatkan waktunya tersebut untuk kegiatan lain.

“Saya senang sekali dengan adanya antrean online. Saya bisa mengetahui kapan saya harus datang ke Klinik dan sembari mengerjakan kegiatan lain. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini saya merasa khawatir jika harus berada di klinik untuk mengantri terlalu lama,” ujar Fadil. (Pobek)