Situ Cibeureum Digunakan Cabor Ski Air, KONI : Sesuai Prosedur!

KABUPATEN BEKASI – Pemanfaatan Situ Cibeureum sebagai sarana lahtihan cabang olahraga Ski Air dinilai sudah melalui kajian mendalam. Dengan begitu, diyakin tidak ada pihak yang akan dirugikan dan termarjinalkan.

Hal tersebut ditegaskan Humas KONI Kabupaten Bekasi, Ewwy. Bahkan, KONI selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian PU, BBWS, Jasa Tirta II, Pemerintah Daerah, Grand Wisata, serta kelompok masyarakat setempat.

“Saya bingung harus menanggapi dari perspektif mana, karena statementnya sangat tendensius. Tidak benar kalau kami dikatakan ujug-ujug kaya VOC, karena pada tahun 2014 kita sudah mendapatkan izin dari Kementerian PU agar memanfaatkan Situ Cibeureum untuk kegiatan Ski Air,” jelas Ewwy.

Sebelumnya, LSM Kompi, Ergat Bustomi menilai dijadikannya Situ Cibereum sebagai salah satu sarana latihan cabang olahraga Ski Air bakal menuai masalah. Sebab, disitu sudah lama menjadi lahan usaha tetap warga dan dijadikan taman rekreasi lokal juga ternak ikan warga lokal.

“KONI hendaknya jangan sekonyong-konyong mengklaim tempat tersebut umpama miliknya. Itu sumber penghidupan dan mata pencaharian sebagian masyarakat, dalam hal ini KONI diminta hati-hati mengingat lahan tersebut bukan milik KONI,” tegas Ergat.

Mengingat lahan tersebut bukan milik KONI, lanjut dia, sepatutnyalah KONI mencari tempat lain dan jangan menggangu lahan usaha masyarakat, mengingat KONI menurutnya memiliki dana hibah yang sangat besar dari Pemerintah Daerah, sekitar Rp40 miliaran.

“Sebagian masyarakat yang menolak disebutkan namanya ada juga yang berpendapat siapa itu KONI baru datang mencoba memanfaatkan secara total tempat usaha masyarakat, itu mirip VOC aja,” tandasnya. (Pobek)