Perahu Karet dan Dapur Umum Seharusnya Tak Jadi Kendala Evakuasi Korban Banjir

KABUPATEN BEKASI – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Syahrir menilai pemerintah Kabupaten Bekasi seharusnya sudah siap dengan situasi banjir yang terjadi sekarang ini. Sebab, musibah banjir sudah menjadi bencana tahunan yang melanda disaat memasuki musim penghujan.

“Ya semua ini (banjir) seharusnya sudah tidak menjadi kendala lagi karena banjir ini sudah berulang kali jadi seharusnya pemerintah Pemkab Bekasi sudah siap dengan situasi banjir dengan menganggarkan APBD penanggulangan bencana,” jelas H. Syahrir.

Politisi Gerindra menilai, persiapan pemeritah daerah Kabupaten Bekasi menghadapi bencana bisa dilihat dari ketersediaan seperti perahu karet, dapur umum dan pengungsian.

“Seharusnya di BPBD sudah terencana dengan matang,” katanya.

H. Syahrir juga mengatakan dengan penanganan yang cepat dan call center yang terkoneksi dengan dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Bina Marga tidak akan menghadapi kendala yang serius dalam penanganan  banjir.

“Jangan sampai ada bencana, Pemdanya baru sibuk cari ini, cari itu. Sementara masyarakat hrs lebih awal tertangani dengan maksimal,” tandasnya.

 Selain itu, Pemkab juga diminta koordinasi dengan pemeritah provinsi Jawa Barat dan Pusat agar penanganan banjir di Kabupaten Bekasi segera tetangani dengan baik.

“Bila ada banjir dan untuk penanganan Pemda harus bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dengan kewenangan masing-masing yang bersinergi untuk penanganan banjir di Kabupaten Bekasi,” tandasnya. (wan/pobek)