JKN-KIS Bantu Adhan Sembuhkan Penyakit Bronkitis

KABUPATEN BEKASI, Cikarang Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Seseorang yang menderita bronkitis biasanya ditandai dengan munculnya gejala batuk yang berlangsung selama satu minggu atau lebih. Bronkitis yang memburuk dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menimbulkan komplikasi berupa pneumonia. Penyakit ini yang dialami oleh Ramadhan Aziz Fajar Lasono (24).

Ditemui di kediamannya, pria yang biasa dipanggil Adhan ini mengaku tidak pernah mengira bahwa ia akan mengalami penyakit di saluran pernapasannya. Ia mengaku awlanya sempat merasakan sesak di dadanya. Sempat menghiraukan apa yang ia rasakan, rasa sesak yang dialami Adhan rupanya semakin menjadi-jadi.

“Awalnya pada tahun 2020 lalu saya merasakan sesak nafas, karena saya takut dikira positif covid-19 saya tidak langsung periksa ke dokter. Tetapi lama kelamaan rasa sesaknya makin bertambah,” ungkapnya.

Adhan mengatakan bahwa pada saat melakukan pemeriksaan awal ia ternyata menderita sakit bronkitis dan harus dilakukan penanganan rawat jalan lebih lanjut. Ia mendapatkan penanganan rawat jalan di FKRTL sebanyak 10 kali dalam jangka waktu 6 bulan. Selama itu pula, Adhan mengatakan bahwa ia tidak mengeluarkan iur biaya sedikitpun selama pengobatannya karena telah terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha.

“Saat saya pertama kali berobat saya mendapatkan rujukan ke Poli Paru di FKRTL, ternyata saya diketahui menderita penyakit bronkitis. Dokter menyarankan saya agar melakukan penanganan rawat jalan rutin tiap bulannya secara berkala. Dalam jangka waktu 6 bulan saya mendapatkan pelayanan rawat jalan sebanyak 10 kali. Alhamdulillah, selama itu pula saya mendapatkan pelayanan yang memuaskan tanpa harus mengeluarkan iur biaya sedikitpun,” ujar Adhan, Selasa (26/01).

Di akhir perbincangan, Adhan menyampaikan bagi masyarakat yang belum terdaftar kedalam program JKN-KIS agar segera mendaftarkan diri beserta keluarga. Karena mengingat begitu besar manfaat yang dapat diperoleh dengan menjadi peserta program JKN-KIS.

“Saya harap bagi masyarakat yang belum terdaftar kedalam program JKN-KIS agar segera mendaftarkan diri beserta keluarganya kedalam program JKN-KIS. Program JKN-KIS ini sangat membantu masyarakat ketika dalam masa sulit terutama dalam pembiayaan ketika sakit karena kita tidak tahu kapan akan datangnya sakit,” tutupnya. (rls/pobek)