BPJS Kesehatan Cikarang Ajak Wujudkan Pelayanan Dan Penguatan Fungsi PIPP Rumah Sakit

KABUPATEN BEKASI, Cikarang – Dalam upaya peningkatan pelayanan dan penguatan fungsi PIPP Rumah Sakit, BPJS Kesehatan Cabang Cikarang lakukan Sosialisasi dan Koordinasi Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Petugas PIPP BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cikarang dan 34 PIPP Rumah Sakit Provider yang ada di Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Ridho Nurfadli mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tahunnya untuk meningkatkan penguatan fungsi PIPP Rumah Sakit. Ridho mengatakan kegiatan ini dibuat lebih awal agar dapat melakukan monitoring dan evalusasi terkait dengan penginputan yang telah PIPP Rumah Sakit lakukan selama di tahun 2020.

“Di tahun 2021 ini kita akan lebih memfokuskan lagi terkait dengan pemberian edukasi kepada petugas PIPP Rumah Sakit yang nantinya harapannya adalah penguatan fungsi PIPP Rumah Sakit ke peserta. Harapannya agar jangan sampai ada keluhan peserta yang tidak bisa ditangani oleh PIPP Rumah Sakit,” tutur Ridho.

Ridho menilai, penguatan informasi kepada seluruh petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit sangat dilakuakn, karena dapat membuat selruuh petugas akan lebih memahami informasi yang bisa disampaikan kepada masyarakat. Dengan adanya pertemuan ini, Ridho berharap nantinya seluruh petugas PIPP di rumah sakit bisa mengatasi berbagai keluhan peserta sehingga tidak adanya keraguan pada peserta terkait pelayanan JKN-KIS.

“Kami akan terus menyempaikan informasi terbaru tentang Program JKN-KIS kepada seluruh petugas PIPP. hal ini dilakukan agar selruuh petugas dapat lebih paham dengan Program JKN-KIS dan harapannya bisa mempermudah seluruh petugas dalam menjalankan tugasnya dan bisa menjawab seluruh pertanyaan dan keluhan masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit,” tambah Ridho.

Salah satu peserta kegiatan yang berasal dari PIPP Rumah Sakit Medirossa Cikarang, Tika mengapresiasi adanya Sosialisasi dan Koordinasi PIPP Rumah Sakit Kabupaten Bekasi yang diadakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cikarang. Ia mengatakan dengan adanya sosialisasi ini ia dapat menambah ilmu dan wawasannya terkait Aplikasi SIPP. Ia berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus mengadakan kegiatan serupa agar dapat membantunya untuk menyelesaikan masalah yang sering ia temukan dari para peserta.

“Saya rasa sosialisasi hari ini cukup bagus dan sangat membantu saya karena dengan adanya sosialisasi ini kita para PIPP Rumah Sakit dapat updating ilmu terkait Aplikasi SIPP yang ternyata ada fitur baru juga terkait kepesertaan. Selain itu saya juga terbantu dalam penginputan denda dan pendaftaran untuk bayi baru lahir. Semoga kedepannya BPJS Kesehatan bisa lebih banyak memberikan sosialisasi yang lebih bagus lagi dan memberikan ilmu yang lebih banyak,” ujarnya. (Pobek)