Dani Selalu Andalkan JKN-KIS Bagi Kesehatan Keluarga

KABUPATEN BEKASI – Manfaat dari keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah dirasakan oleh banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Tak terkecuali bagi Dani Ujiasti (29), menurutnya menjadi peserta JKN-KIS adalah hal yang penting baginya. Ibu dari dua anak ini mengaku selalu menggunakan kartu JKN-KIS setiap kali keluarganya membutuhkan pengobatan.

“Alhamdulillah, banyak sekali pengalaman saya ketika menggunakan kartu JKN-KIS. Saat saya akan melahirkan dan tiap kali merasa kurang sehat saya selalu mengandalkan JKN-KIS. Tidak hanya saya, suami dan anak-anak juga seperti itu,” kata Dani.

Ibu rumah tangga yang saat ini tinggal di daerah desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia itu mengaku memiliki pengalaman saat pengobatan anak-anaknya. Pernah anak pertamanya mengalami demam cukup tinggi dan diminta pihak rumah sakit agar menjalani pengobatan rawat inap. Saat itu Dani tidak panik karena merasa telah terdaftar sebagai peserta JKN dan yakin segala biaya pengobatan akan sepenuhnya ditanggung BPJS Kesehatan selama mengikuti prosedur yang berlaku.

“Pernah anak pertama saya demam tinggi, saya bawa ke rumah sakit dan saya diberitahu akan dilakukan pengobatan yang mengharuskan rawat inap. Pelayanannya sangat bagus dan pihak rumah sakit tidak membeda-bedakan pelayanan dengan pasien lainnya yang bayar sendiri. Anak saya dirawat dan tak sedikitpun saya mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan,” kenang Dani.

Dengan pengalamannya tersebut, Dani meminta masyarakat agar tak perlu khawatir dengan pelayanan rumah sakit terhadap pasien JKN-KIS. Dani mengaku tidak percaya dengan informasi negatif mengenai buruknya pelayanan peserta JKN-KIS oleh rumah sakit. Dia sudah membuktikannya dengan selalu mengandalkan BPJS kesehatan ketika sakit.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tentang informasi negatif tentang pelayanan kurang bagus bagi peserta JKN-KIS. Saya juga sebelum daftar sempat berpikir pelayanan kurang bagus, tetapi kenyataanya pelayanan di rumah sakit bagus, tanggap dan cepat. Ya kami alami langsung, pelayanan rumah sakit bagi peserta JKN-KIS bagus kok kami sekeluarga selalu mengandalkan BPJS Kesehatan ketika mengalami sakit,” kata Dani mengakhiri. (Pobek)