Peserta Ini Rasakan Besarnya Manfaat JKN-KIS

KABUPATEN BEKASI – Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi berkah buat Panji Abdillah (34). Kartu JKN-KIS selalu menjadi andalannya saat ingin mendapatkan pelayanan dari Rumah Sakit. Pria asli Indramayu yang tinggal di Cikarang ini memiliki beberapa pengalaman mengakses pelayanan kesehatan sebagai peserta JKN, diantaranya saat sang istri menjalani dua kali proses persalinan dengan cara operasi caesar.

“Saya memiliki dua orang anak, saat istri melahirkan kedua-duanya melalui proses operasi caesar. Ya saya sangat terbantu telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, istri saya dua kali melahirkan melalui proses operasi caesar, kalau tidak ada kartu JKN-KIS ya mau tidak mau kami harus mengeluarkan uang yang cukup besar agar istri saya bisa menjalani persalinan itu,” jelas Panji, Kamis (25/03).

Tak sampai di situ, Panji juga selalu mengandalkan kepesertaan JKN-KIS untuk pengobatan buah hatinya saat kondisi mereka sedang tidak sehat. Ia selalu membawa anak-anaknya ke fasilitas kesehatan sebagai peserta JKN-KIS untuk mendapatkan pengobatan. Ia mengatakan saat ini usia anak pertamanya akan memasuki dua tahun sementara anak keduanya masih berusia satu tahun. Pada proses pertumbuhan itu anaknya terkadang sakit ringan seperti demam dan pilek.

“Jika kedua anak saya mengalami sakit saya selalu mengandalkan kartu JKN untuk mengobati mereka. Anak pertama saya sebentar lagi akan memasuki usia dua tahun sedangkan yang bungsu saat ini berusia satu tahun, pada saat seperti ini anak sering terkena sakit demam dan pilek. Ya saya langsung bawa ke klinik bahkan rumah sakit sebagai peserta JKN. Sejauh ini tidak ada kendala sama sekali, pelayanannya lancar-lancar saja,” tambahnya.

Pria yang berprofesi sebagai tenaga pemasaran disalah satu perusahaan showroom mobil terkemuka di Jababeka itu mengakui jika menjadi peserta Program JKN-KIS menjadi sangat penting bagi dirinya dan keluarga. Terlebih pada saat ini peralatan medis yang digunakan oleh fasilitas kesehatan semakin canggih sehingga dibutuhkan biaya yang lumayan besar untuk mendapatkan akses pelayanan medis.

“Jadi saya merasakan betul manfaatnya menjadi peserta Program JKN-KIS. Kalau saya bilangnya ya nggak ada ruginya menjadi peserta. Apalagi saat ini penyakit sudah banyak dan beragam macamnya sehingga untuk mengobatinya harus menggunakan peralatan medis yang canggih yang akan membutuhkan biaya besar bagi masyarakat jika mengakses pelayanan kesehatan sebagai peserta umum,” ujarnya. (Pobek)