Potret Bekasi
Image default

LBH Arjuna Bakti Negara – PN Cikarang Siap Berkolaborasi

CIKARANG PUSAT – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Arjuna Bakti Negara bersinergi dengan Pengadilan Negeri (PN) Cikarang untuk memaksimalkan pemberian bantuan hukum kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

β€œYa kami telah membangun komunikasi dengan Pengadilan Negeri Cikarang dan ternyata dari pihak PN Cikarang wellcome sekali dengan adanya LBH Arjuna Bakti Negara untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat,” jelas Ketua LBH Arjuna Bakti Negara, Zuli Zulkifli yang diterima langsung Ketua Pengadilan Negeri Cikarang Bpk. Darma Indo Damanik, S.H., M.Kn

Zuli memaparkan jika keberadaan LBH di Kabupaten Bekasi jumlahnya belum terlalu banyak. Padahal, kebutuhan advokasi masyarakat sangat tinggi. Apalagi, Kabupaten Bekasi tercatat sebagai wilayah urban dan industry sehingga tingkat persoalan masyarakat untuk diselesaikan secara hukum cukup banyak.

Misalnya saja, LBH Arjuna Bakti Negara dalam beberapa bulan ini telah memberikan bantuan hukum kepada masyarakat seperti persoalan sengketa tanah,  hutang-piutang, persoalan rumah tangga dan lainnya.

β€œYa kami cukup banyak menangani persoalan perdata ataupun pidana,” katanya.

Mantan Ketua F-BPD Kabupaten Bekasi ini juga mengatakan jika keberadaan LBH bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa menyelesaikan masalah atau persoalan dengan hukum. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih memahami instrument hukum menjadi cara terbaik ketika mengalami sengketa atau masalah lainnya.

β€œDan jangan sampai masyarakat juga khwatir menyelesaikan masalahnya melalui jalur hukum dengan ujung-ujungnnya penjara. Tidak semua masalah atau persoalan berujung penjara, bisa jadi dengan menggunakan advokat persoalan bisa damai dan lebih baik lagi ke depannya,” tambahnya.

Dia juga berharap keberadaan LBH Arjuna Bakti Negara bisa bermanfaat banyak bagi masayrakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu untuk mengakses jalur hukum. β€œYa jangan sampai ada juga anggapan menggunakan jasa advokat harus menggunakan uang banyak, tidak seperti itu juga. Makanya harus ada sosialisasi ke masyarakat jika menggunakan jalur hukum itu hanya mereka yang punya uang banyak saja, tetapi juga bisa digunakan bagi masyarakat yang kurang mampu,” tandasnya. (Pobek)

Berita Lainnya

BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Bagikan 75 Paket Bingkisan Kepada Pasien dan Nakes

Redaksi Potret

Ode Untuk Sang Bupati

Redaksi Potret

Tak Izinkan Sholat Ied di Masjid dan Lapangan, Pemkab Bekasi : di Rumah Saja!

Redaksi Potret