Forum Koordinasi Sebagai Wadah Sinergi Sukseskan JKN-KIS

KABUPATEN BEKASI – Dalam rangka membangun sinergi yang kuat dengan seluruh stakeholder, BPJS Kesehatan Cabang Cikarang bersama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi dan UPTD Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah II Jawa Barat melakukan kegiatan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tingkat Kabupaten Bekasi, Senin (19/04). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi kepatuhan Badan Usaha di wilayah Kabupaten Bekasi dalam pendaftaran badan usaha, pembayaran iuran dan penyampaian data secara lengkap dan benar kepada BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Arief Setiadi mengungkapkan dengan diadakannya kegiatan pertemuan ini, dapat dijadikan sebagai salah satu wadah untuk menyamakan tujuan antara BPJS Kesehatan dengan para stakeholder khususnya dalam membantu meningkatkan kepatuhan badan usaha dalam penyelenggaraan program JKN-KIS. Menurutnya, hingga saat ini masih ditemukan beberapa badan usaha yang belum melaksanakan kewajibannya dalam Program JKN-KIS.

“Dari hasil monitoring yang dilakukan, memang masih ditemukan ada beberpa badan usaha yang tingkat kepatuhannya masih rendah, daintaranya masih ada perusahaan yang tidak melaporkan dengan benar jumlah seluruh pekerja disana, sehingga nantinya akan berdampak kepada ketidakpenuhan hak para pekerja dalam Program JKN-KIS,” kata Arief.

Dirinya menilai BPJS kesehatan bersama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi dan UPTD Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah II Jawa Barat perlu terus bersinergi, untuk dapat menindaklanjuti permasalahn yang terjadi pada pemberi kerja tersebut. Dengan begitu, harapannya, dengan dilaksanakannya pertemuan ini, Arief mengimbau selruuh stakholder akan menyamakan tujuan, sehingga mudah dalam meraih apa yang sudah direncanakan.

“Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan penegakan hukum bagi pemberi kerja yang tidak memenuhi kewajibannya. Dengan dinamika yang ada mudah-mudahan kita dapat bersinergi untuk mencapai tujuan bersama yaitu mengawal keberlangsungan Program JKN-KIS,” tutur Arief.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi R. R. Mahayu Dian Suryandari mengatakan pihaknya sampai dengan saat ini masih dalam proses menyelesaikan SKK Kepatuhan Badan Usaha yang diberikan BPJS Kesehatan Cabang Cikarang pada awal tahun lalu. Ia berharap kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat semakin ditingkatkan dan memberikan hasil yang optimal bagi semua pihak yang terlibat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan satu atau dua kali dalam setahun. Semoga apa yang sudah kita lakukan selama ini memberikan hasil yang lebih baik semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu yang masih dalam proses adalah SKK Kepatuhan Badan Usaha yang telah diberikan BPJS Kesehatan pada awal tahun lalu. Mudah-mudahan melalui Forum Koordinasi ini kita dapat menghasilkan sebuah solusi yang efektif dan dapat segera diimplementasikan,” ujarnya. (rls/pobek)