Mobile JKN Bantu Ike Dapatkan Pelayanan Tanpa Perlu Ke Kantor BPJS Kesehatan

KABUPATEN BEKASI – Sejak terjadinya wabah Covid-19 di seluruh dunia, sebagian aktifitas masyarakat terhalang. Beberapa tempat termasuk pelayanan publik akhirnya menciptakan inovasi yang bisa digunakan masyarakat untuk tetap bisa mendapatkan pelayanan di tengah pandemi Covid-19. Tidak terkecuali BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang ditunjuk sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang telah lebih dulu mengeluarkan aplikasi Mobile JKN. Ike Juleha (25) salah satu peserta JKN yang telah bergabung dalam program ini mempercayai splikasi Mobile JKN untuk mengakses pelayanan BPJS Kesehatan.

“Saya sudah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN, menurut saya aplikasi ini sangat bagus apalagi ditengah pandemi covid-19. Saya tidak perlu khawatir lagi deh kalau mau mendapatkan pelayanan Program JKN-KIS. Semua bisa di akses melalui handphone tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Ike, Senin (26/04).

Sebagai kaum milenial yang aktif bekerja sebagai jurnalis, Ike bisa mengakses lebih cepat tanpa antre dengan layanan Mobile JKN. Dengan begitu, dirinya sangat berterimakasih atas kemudahan yang diberikan lembaga jaminan sosial kesehatan itu. Gadis asal Sukatani, Cikarang ini mencontohkan saat dirinya mendaftar sebagai peserta Program JKN-KIS beberapa tahun lalu, dia tidak harus pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

“Sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi Mobile JKN, terutama bagi kami kaum milenial yang cukup sibuk dengan aktifitas kerjanya. Cukup dengan handphone di tangan, kami bisa akses pelayanan BPJS Kesehatan. Saya daftar di rumah saja, sambil pegang handphone, download aplikasinya dan mudah juga cara mengoperasikannya. Jadi saya tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk antre daftar,” jelasnya.

Bagi Ike, aplikasi Mobile JKN sangat terasa manfaatnya dimasa pandemi Covid-19 di mana masyarakat tengah menjalani aturan yang diterapkan pemerintah pusat untuk menghindari kerumuman. Dengan begitu, lebih aman dan terhindari dari penyebaran virus Covid-19 akibat berinteraksi langsung di tempat umum. Ia mengakui penggunaan aplikasi Mobile JKN sangat mudah dioperasikan. Masyarakat dapat mengakses aplikasi Mobile JKN yang telah di download terlebih dahulu melalui Play Store.

“Nah ini keuntungannya lagi, di masa pandemi ini kan kita gak boleh berkerumun harus jaga jarak. Bagi saya Mobile JKN ini program mengantisipasi penyebaran covid. Ya tinggal download saja, buka nantinya juga ada petunjuk dan mudah untuk pengoperasiannya. Kalau belum paham ya tinggal klik di Google cara penggunaan aplikasi Mobile JKN. Jadi mudah dan tidak ada yang sulit ya,” tambahnya. (rls/pobek)