JKN-KIS Menjadi Solusi Bagi Masyarakat Cikarang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Yang Maksimal

KABUPATEN BEKASI – Namanya Adam (27) pria asal Telajung Kabupaten Bekasi. Di usianya yang masih terbilang muda, ia menjadi salah satu pria yang berhasil merintis yayasan pendidikan di kampung orang lain. Dengan aktivitas yang mengandalkan tenaga dan pikirannya itu, Adam selalu mengandalkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) miliknya untuk jaminan kesehatannya.

“Saya hingga saat ini belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan namun bukan berarti saya tidak membayarkan iuran bulanannya. Menurut saya biaya iuran JKN-KIS lebih terjangkau dan saya melihat pelayanan rumah sakit pun baik kepada para pesertanya. Pernah suatu saat saya mengantar seorang teman berobat menggunakan kartu JKN-KIS dan yang saya lihat teman saya mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak rumah sakit,” jelasnya, Kamis (27/05).

Adam saat ini terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3. Dia yakin dengan menjadi peserta JKN-KIS, iuran yang telah Adam bayarkan tiap bulan akan lebih memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat banyak, meskipun dirinya sampai saat ini belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Saat ini saya terdaftar sebagai peserta PBPU kelas 3. Meskipun saya hingga saat ini belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan namun saya yakin iuran yang selalu saya bayarkan tiap bulannya akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Ini merupakan program pemerintah yang sangat baik, ada untuk saling membantu antar peserta, mereka yang mampu dapat membantu mereka yang kurang mampu,” ujarnya.

Menurut Adam selain bisa memberi perlindungan jaminan kesehatan kepada pesertanya, JKN-KIS juga telah terintegrasi dan menjadi syarat untuk berbagai kegiatan administrasi. Selain itu menurutnya JKN-KIS merupakan solusi yang dibutuhkan bagi masyarakat. Sebab pelayanan kesehatan menjadi prioritas utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar setiap lapisan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Dulu pernah saya mengajukan kredit dan salah satu syaratnya telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Ya saya merasa ini merupakan program yang baik dari pemerintah di mana semua lapisan masyarakat ditekankan agar bisa menjadi pesertanya. Saya yakin, saat ini sudah tidak ada lagi masyarakat miskin yang sulit mengakses pelayanan kesehatan dengan terdaftar sebagai peserta JKN. Kesehatan masyarakat menjadi bagian yang sangat penting dalam membangun Negara agar lebih maju lagi dimasa depan,” tambahnya. (rls/pobek)