Dedeh Percayakan Jaminan Kesehatan Hari Tuanya dengan Program JKN-KIS

KABUPATEN BEKASI – Bagi sebagian orang memiliki kondisi badan yang sehat dan bisa bermain dengan cucu menjadi kesenangaaan yang tak ternilai harganya. Seperti itulah impian dari Dedeh (50), wanita yang saat ini sudah memiliki tujuh orang cucu dari keempat anaknya. Hampir tiap bulan, Dedeh yang merupakan ibu rumah tangga ini selalu menyempatkan menengok cucunya ditempat yang berbeda.

“Dulu memang saya sangat senang dengan anak kecil, apalagi ketika saya sudah memiliki cucu rasanya ingin sekali setiap hari saya bermain dengan cucu saya. Tetapi dikarenakan rumah cucu saya yang berbeda-beda lokasi ada yang di Bekasi, Bandung, Karawang saya hanya bisa mengunjunginya setiap bulan sekali,” ungkap Dede saat ditemui di kediamannya di Kabupaten Bekasi, Senin (07/06).

Seiring berjalannya waktu, Dede yang kala itu sering mengunjungi cucunya menceritakan kendala yang ia rasakan saat bermain dengan cucunya. Ia sering mengalami kebas serta badan lemas karena penyakit diabetes kering yang dialaminya. Untunya, Dede sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, sehingga ia bisa rutin melakukan kontrol untuk penyakitnya.

“Dengan penyakit diabetes kering yang saya alami, saya sering meraksaan tangan dan kaki saya mengalami kebas terkadang badan saya juga terasa lemas sekali. Biasanya jika sudah begitu saya kontrol ke klinik pertama saya untuk dilakukan pengecekkan,” ujarnya.

Selama menggunakan Program JKN-KIS, Dedeh yang pernah memiliki usaha sembako ini untuk mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Ia pun merasa tak terlalu cemas dengan penyakitnya lantaran semua biaya pengobatannya dapat dibayarkan oleh Program JKN-KIS. Menurut Dedeh penting sekali bergabung menjadi peserta JKN-KIS lantara kesehatan dan biaya pengobatan yang tidak bisa diprediksi berapa besarannya.

“Alhamdulillah saya sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Saya tidak perlu khawatir ataupun cemas dengan biaya pengobatan penyakit saya lagi. Buat maysrakat di luar sana yang belum bergabung menjadi peserta JKN-KIS, lebih baik cepat mengurus, karena kita tidak tahu kapan kita sakit dan berapa biaya pengobatan yang kita perlu siapkan jika kita menggunakan biaya pribadi. Pastinya tidak murah dan tidak sedikit. Oleh karena itu sebelum terlambat, ayo urus kartu JKN-KIS karena sangat besar manfaatnya,” tutupnya. (rls/pobek)