Asri : Menjadi Peserta JKN-KIS itu Suatu Kewajiban Yang Bermanfaat

KABUPATEN BEKASI – Bagi Asri Arsita, menjadi salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangatlah penting. Selama ia mengalami masalah pada kesehatannya, ibu dua anak ini selalu terbantu oleh adanya Program JKN-KIS. Akhir-akhir ini, Asri sebagai salah satu peserta segmentasi kelas III Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini merasakan sangat terbantu dengan baik ketika ia melakukan proses persalinan anak keduanya dengan normal.

“Saya beberapa hari lalu menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk melakukan lahiran anak kedua saya secara normal dan semua biaya persalinan dibantu oleh Prorgram JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Dengan menjadi pesertanya saya sangat terbantu sekali. Saya tidak perlu memikirkan masalah biaya,” ujar Asri, Senin (07/06).

Asri mengaku dirinya terdaftar menjadi peserta sudah sejak lama sebelum dirinya membina keluarga dengan suaminya beberapa tahun lalu. Diakui olehnya, menjadi peserta JKN-KIS bukanlah keharusan tetapi menjadi kewajiban yang sangat bermanfaat baik bagi dirinya bahkan orang lain.

“Menjadi peserta JKN-KIS merupakan suatu kehurusan tetapi menjadi kewajiban yang bermanfaat bagi kita ataupun peserta lain. Dengan adanya unsur gotong royong dimana dengan membayarkan iuran kita dapat membantu orang lain yang lebih membutuhkan,” ujar Asri sendiri.  

Sampai saat ini, Asri yang merupakan ibu rumah tangga yang memiliki profesi sebagai pengusaha pakaian muslim selalu membayar iuran secara tepat waktu. Bahkan ditengah kesibukannya mengantar dan mengirimkan pakaian kepada pembeli, dia selalu menyempatkan agar iuran BPJS Kesehatan tidak mengalami tunggakan setiap bulannya.

“Alhamdulillah ditengah kesibukan saya yang lumayan padat membayar iuran selalu saya prioritaskan tiap bulannya. Sampai sekarang saya selalu aktif agar ketika saya membutuhkan biaya pengobatan saya dapat penggunaan Kartu JKN-KIS,” ujarnya.

Dia berharap kepada masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS agar segara mengurus kepesertaanya. Selain itu, Asri juga berpesan agar selalu bersyukur dengan kondisi apapun. Sebab dengan rasa syukur akan mempengaruhi pola pikir seseorang yang pastinya berpengaruh dengan kondisi kesehatan.

“Kesehatan kan tidak bisa ditebak kapan kita mengalami badan kurang fit dan butuh perawatan. Apalagi bagi mereka yang aktifitasnya tinggi, menjadi peserta JKN-KIS menjadi kewajiban bagi saya. Kita harus selalu bersyukur apapun kondisi yang kita punya. Dengan pola pikir yang positif akan membuat imunitas seseorang lebih baik atau kondisinya sehat,” katanya. (rls/pobek)