Optimalkan Pelayanan terhadap Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Adakan Pertemuan Dengan APINDO

KABUPATEN BEKASI – Dalam rangka memberikan pemahaman dan meningkatkan pelayanan yang optimal kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU), BPJS Kesehatan Cabang Cikarang mengadakan pertemuan dengan APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Kabupaten Bekasi, Kamis (20/05). Kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program JKN-KIS khususnya di Kabupaten Bekasi.

Kepala Cabang Cikarang BPJS Kesehatan, Arief Setiadi mengatakan kegiatan pertemuan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Program JKN-KIS di Kabupaten Bekasi serta meningkatkan jalinan komunikasi dan koordinasi antara BPJS Kesehatan dan pengusaha yang dalam hal ini diwakili oleh APINDO.

“Saya berharap setelah kegiatan ini semua pihak termasuk BPJS Kesehatan dan APINDO dapat bersinergi dalam mewujudkan kepastian perlindungan kesehatan yang optimal bagi pekerja di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Ketua APINDO Kabupaten Bekasi, Sutomo mengatakan dalam beberapa bulan kebelakang masih sangat banyak pekerja yang mengalami sakit dikarenakan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yang kurang baik. Menurutnya selama ini Apindo telah mengedukasi para pekerja agar selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja. Ia pun menuturkan pentingnya K3 dalam pekerjaan yang mana mampu mendorong produktivitas yang tinggi.

“Masih banyak pekerja yang memiliki tingkat kesadaran rendah terhadap pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja. Padahal dengan tubuh yang sehat pekerjaan pun akan mudah dilakukan dan pastinya berpengaruh pada peningkatan produktivitas yang tinggi. kami juga tidak lupa untuk  selalu memberikan edukasi kepada pekerja,” ujarnya. 

Sutomo menambahkan betapa pentingnya Program JKN-KIS bagi pekerja dimana ketika seorang pekerja sakit dapat membutuhkan biaya yang cukup tinggi dalam proses penyembuhannya. Ia pun berharap setelah pertemuan pada hari ini BPJS Kesehatan bersama APINDO tidak hanya menjalin komunikasi yang baik juga dapat mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan bagi pekerja di Kabupaten Bekasi.

“Program JKN-KIS menjadi hal yang sangat penting bagi pekerja terutama dalam memberikan jaminan kesehatan yang tidak dapat dipungkiri akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi jika tidak memakai JKN-KIS. Saya berharap setelah pertemuan pada hari ini kita mencapai tujuan bersama antara BPJS Kesehatan dan APINDO dalam meningkatkan kualitas kesehatan bagi pekerja di Kabupaten Bekasi,” tutupnya. (rls/pobek)