Potret Bekasi
Image default

Syukur Eneng Terhadap Program JKN-KIS

KABUPATEN BEKASI – Eneng (32) adalah salah satu orang yang telah terdaftar sebagai Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ia merasa bersyukur dengan adanya program jaminan kesehatan yang diselenggarakan Pemerintah melalui BPJS Kesehatan tersebut. Sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai dari negara, Eneng tidak merasa khawatir lagi dengan permasalahan biaya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Alhamdulillah saya sudah terdaftar menjadi peserta Program JKN-KIS segmen PBI APBN. Saya merasa bersyukur telah terdaftar dan dibiayai langsung oleh Pemerintah. Ini menjadi bukti bahwa Pemerintah benar-benar peduli dengan semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang memadai. Kini saya tidak merassa khawatir lagi dengm masalah biaya ketika membutuhkan pelayanan kesehatan,” ucap Eneng, Kamis (24/06).

Warga desa Sukamahi, Cikarang Pusat itu mengatakan awalnya ia mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS segmen PBI APBN melalui pendataan dari petugas desa tempatnya tinggal. Ia merasa selama melakukan proses pendaftaran kepesertaannya tersebut lancar dan tidak menemui adanya kendala yang menyusahkan dirinya. Ia juga mengatakan dirinya tidak menemukan adanya kendala dan perbedaan pelayanan saat dirinya memanfaatkan kartu JKN-KIS untuk berobat.

“Saya mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS segmen PBI APBN melalui pendataan dari petugas RT. Tidak ada kesulitan sama sekali, hanya diminta KTP dan Kartu Keluarga saja. Saya juga pernah menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk berobat. Pelayanannya tidak membeda-bedakan sama sekali antara pasien umum maupun peserta JKN-KIS. Saya pernah mendengar orang-orang mengatakan apabila berobat sebagai peserta JKN-KIS akan mendapatkan kesulitan, namun hal tersebut tidak saya temukan sama sekali ketika saya menggunakan kartu JKN saya,” ujar Eneng.

Lebih lanjut, ibu dengan dua orang anak tersebut mengatakan resep obat yang diberikan ketika ia berobat sangat cocok dengan dirinya. Sehari setelah mengonsumsi obat yang diberikan dokter badannya terasa lebih baik. Dengan begitu Eneng dapat kembali menjalankan aktivitas kesehariannya sebagai ibu rumah tangga dengan kondisi yang prima. Eneng juga mengakui ia merasa bersyukur atas kehadiran Program JKN-KIS yang telah membantu semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan. (rls/pobek)

Berita Lainnya

UU Ciptaker, PP Turunan & Peran Aktif Pemerintah

Redaksi Potret

Peringati Ulang Tahun LVRI ke 64, BPJS Kesehatan Cikarang Tunjukkan Kepedulian Pada Veteran

Redaksi Potret

Situ Cibeureum Digunakan Cabor Ski Air, KONI : Sesuai Prosedur!

Redaksi Potret