Potret Bekasi
Image default

DMI Kabupaten Bekasi Tolak Sholat Jumat Ganjil Genap

CIKARANG PUSAT – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bekasi menolak terkait wacana sholat jumat yang dilaksanakan dengan cara ganjil-genap. Cara tersebut tidak sesuai dengan tuntunan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

“Jadi kami dari DMI Kabupaten Bekasi telah bermusyawarah dengan para ulama atau tokoh agama di Kabupaten Bekasi, mereka semua menolak adanya aturan sholat jumat ganjil-genap,” tegas Ketua DMI Kabupaten Bekasi, Imam Mulyana yang dihubungi via telepon pada Jumat (13/08).

Imam mengungkapkan, para tokoh agama itu terdiri dari pengurus masjid atau DKM. jumlah total dari pengurus sebanyak 1786 DKM yang tersebut sampai pelosok Kabupaten Bekasi.

“Ya tidak ada aturan sholat jumat ganjil genap, masa sholat mau disampakan dengan jalan tri in one,” ujarnya.

Sebagai Ketua DMI, Imam mengakui harus mengikuti suara mayoritas dari tokoh agama di Kabupaten Bekasi. Dia tidak ingin terulang kembali adanya kecaman dari masyarakat terkait adanya peniadaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha beberapa waktu lalu.

“Saya waktu itu dikecam karena mendukung tidak adanya pelaksanaan sholat idul fitri dan idul adha. Jadi untuk sekarang ya saya mendukung atau menolak sesuai dari usulan suara mayoritas tokoh agama, kalau mereka menolak ya DMI menolak,” tegasnya.

DMI Kabupaten Bekasi juga menegaskan pihaknya belum ada koordinasi dengan MUI Kabuapten Bekasi terkait wacana sholat jumat ganjil genap ini. “Ya belum ada koordinasi tetapi dari DMI Kabupaten Bekasi ya tetap menolak aturan itu,” tandasnya.

Sebelumnya, DMI Pusat mewacanakan agar sholat jumat dilakukan dengan cara system ganjil genap di masa pandemic covid-19. Metode ini dilakukan dengan cara menggunakan angka terakhir pada nomer hp seseorang.

Jika hari jumat itu dilaksanakan pada tanggal genap maka mereka yang ingin sholat jumat diperbolehkan dengan ujung nomer handphone genap juga.  Demikian sebaliknya, jika ganjil maka berlaku angka hanphone ganjil pula. (pobek)

Berita Lainnya

Fasilitasi Dewan Pers, DPP MOI Bentuk Tim Verifikasi Media Online

Redaksi Potret

Bupati Minimalisir Kesimpangsiuran Pembangunan Sektor Pendidikan

Redaksi Potret

BPJS Kesehatan Cikarang Bangun Sinergi Sukseskan Program JKN-KIS

Redaksi Potret