Potret Bekasi
Image default

Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Salurkan Bantuan Covid-19

KABUPATEN BEKASI – Dinas Sosial Kabupaten Bekasi telah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat selama pandemic covid-19. Sejumlah bantuan disalurkan untuk membantu masyarakat yang terdampak covid, baik dari pemerintah pusat dengan sasaran mereka yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sasaran penerima yg masuk dalam Prorgam Keluarga Harapan (PKH), program bantuan sosial tunai ( BST ), masing-masing KPM menerima 10 kg beras demgan jumlah penerima sebanyak 116.646 KPM. 

“Sampai sejauh ini dari kemensos melalui bulog bekerjasama dengan kantor pos sampai dengan tanggal 6 agustus ini penyaluran sudah 60 persen, mudah-mudahan sampai tanggal 7 Agustus 2021 selesai,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin yang ditemui di ruangannya pada Jumat (06/08).

Selain itu juga ada pendistribusian Kartu kesejahteraan sosial (KKS) oleh BNI 46 dngang saldo yang sudah masuk di rekening KPM dari bulan Juli, agustus dan september.

“Dengan demikian KPM bisa transaksi di e-warung yang sudah ditunjuk oleh BNI, penyaluran bansos dari kemensos kita kerjasama sg pendamping TKSK, PSM, Karang Taruna, Tagana, Camat dan  Kades, Satgas Covid, TNI dan Polri di wilayah kerja masing- masing. 

Penyaluran bantuan tersebut, menurutnya tetap mengedepankan protocol kesehatan covid-19 di lapangan seperti jaga jarak dengan masker. Bahkan, Dinsos juga telah berkoordinasi dengan aparat dari TKSK, PSM, tingkat kecamatan, desa sampai RT dan RW. 

Bantuan juga datang dari Kementerian Sosial berupa 3000 paket berupa 15 ton beras. Bantuan tersebut telah disalrukan ke yayasan sosial yang ada di Kabupaten Bekasi. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan. Bantuan ini rampung pada Senin (09/08). 

Ada sejumlah 109 yayasan yang terdaftar di Kabupaten Bekasi. Namun, untuk menerima bantuan tersebut ada syarat yang harus dipenuhi yayasan di antaranya telah memiliki legalitas, yayasan bersifat sosial seperti yayasan yatim piatu, orang dengan gangguan jiwa, lansia dan lainnya. 

“Kita verifikasi yayasan mana saja memiliki badan hukum jelas, punya warga binaan gak? dan tentunya pemberian sesuai dengan banyaknya jumlah warga binaan yayasan tersebut,” jelas Endin.

Tak hanya itu, mantan Camat Cikarang Pusat ini juga menjelaskan jika Dinas Sosial telah menangani penanganan karantina warga yang terkena covid di dua titik yaitu Bapelkes dan Presiden University dengan anggaran mencapai Rp 4,3 Miliar. 

Namun, dalam perjalannya, karena karantina dipindahkan ke hotel maka penanganan karantina itu dialihkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi. Jadi, dari Dinsos telah menanganinya sampai bulai April 2021 dan ada anggaran sisa Rp 2,1 M.

“Ya itu sudah dikembalikan ke kas daerah, namun warga terpapar covid saat itu membludak jumlahnya sehingga hotel tidak bisa menampung,” katanya. 

Setelah hotel tak bisa menampung maka diadakan program isolasi mandiri. Disitu Dinsos kembali lagi bertugas dengan menyalurkan sembako kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri. Sebanyak 7300 paket telah disalurkan. 

“Dinsos diberikan tugas pada saat almarhum Bupati Eka, jadi dinsos diminta untuk menyalurkan bantuan itu,” kenangnya. Penyaluran paket tersebut habis karena diberikan saat penyebaran covid-19 tengah mengalami puncaknya di masyarakat. 

Karena pada saat itu kasus penyebaran covid belum selesai, Dinsos kembali mengajukan bantuan sembako kepada Plh Sekda, Herman Hanafi pada saat itu. dari pengajuan anggaran sekitar  Rp 2,1 Miliar akhirnya disepakat mendapat kuncuran bantuan Rp 1,8 miliar. 

Namun, kasus penyebaran covid mulai melandai sehingga warga yang mengajukan bantuan untuk mereka yang menjalani isolasi mandiri turun drastic.

Saat ini, Kadisos mengungkapkan ada 10 ribu paket bantuan yang siap dikelola untuk masyarkat. Sampai covid ini selesain, bansos tersebut juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhkan masyarakat Kabupaten Bekasi yang terdampak covid-19. (Pobek)

Berita Lainnya

Aman dari Corona, 2 ABK Diamon Princes Dikarantina di Bapelkes Lemah Abang Cikarang

Redaksi Potret

Sepekan Nambah 2 Pasien Corona, Pemkab Bekasi Tetap Pede Terapkan New Normal

Redaksi Potret

BPBD Prioritaskan Tiap Desa Dilengkapi Perahu Karet di 2022

Redaksi Potret